Sunday, June 22, 2008

MENAMBAHKAN AKSESORI SHOUTBOX


Selain fasilitas komentar, yang membuat halaman blog kamu menjadi interaktif adalah shoutbox. Fungsi Shoutbox ini lebih menyerupai Chatting yang tertunda (Delay Chatting). Tidak seperti komentar, dimana pembaca mengomentari posting yang kamu buat dalam blog, di dalam shoutbox pengunjung bebas mengetikkan pesan apa saja. Dan kamu sebagai pemilik blog, dapat merespon pesan itu, sehingga rangkaian pesan seperti sebuah chat room.

Untuk dapat menambahkan shoutbox tersebut, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Masuklah ke website http://www.oggix.com

  2. Mulailah dengan mengklik tombol “Get it Now”. Nantinya akan terhubung dengan halaman registrasi untuk membuat account di oggix.com

  3. Isilah data-data yang diminta. Setelah selesai, klik tombol “REGISTER”.

  4. LAngkah Selanjutnya, yaitu login ke oggix dengan menggunakan email dan password yang kamu pakai saat registrasi.

  5. Kamu akan diantarkan ke halaman control panel. Pada jendela sebelah kiri terdapat menu-menu yang bisa kamu tampilkan pada halaman blog kamu. Carilah menu “Install Shoutbox”, Lalu klik “HTML”.

  6. Pada jendela sebelah kanan akan muncul langkah-langkah konfigurasi shoutbox. Kamu bisa menentukan jenis, warna, dan template dari shoutbox disini. Ikuti saja langkah-langkahnya sampai muncul kode HTML shoutbox yang kamu pilih.

  1. Kemudian Copy kode HTML tersebut ke halaman blog kamu dengan cara masuk ke menu LAYOUT > Page Elements > add Page Element > HTML / JAVASCRIPT, lalu tekan tombol “ADD TO BLOG

  2. Salinlah kode HTML yang sudah tadi ke dalam kotak isian “CONTENT” pada jendela “CONFIGURE HTML / JavaScript”.

  3. Save Changes dan lihatlah hasilnya…..

0 comments: